WA WEB Cara Memasang dan Menggunakan WhatsApp di Komputer

WA WEB Cara Memasang dan Menggunakan WhatsApp di Komputer – Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Semua orang pasti menggunakan aplikasi hijau ini untuk berkomunikasi baik chat atau pesan singkat dan panggilan suara dan video call. Tidak perlu membutuhkan pulsa, karena WhatsApp hanya membutuhkan jaringan internet.

Ingin menggunakan WA melalui Komputer / PC / Laptop atau sejenisnya? Jika ya coba pasang dan gunakan WhatsApp (WA) Web. WA Web akan memberikan Anda pengalaman komunikasi yang lebih baik, WhatsApp kini dapat diakses pada kedua telepon dan komputer Anda. Aplikasi desktop WhatsApp dan WhatsApp (WA) Web adalah ekstensi berbasis komputer dari akun WhatsApp pada telepon Anda. Pesan-pesan yang Anda kirim dan terima akan disinkronisasi sepenuhnya antara telepon dan komputer Anda, dan Anda dapat melihat semua pesan pada kedua perangkat tersebut. Setiap tindakan yang Anda lakukan pada telepon akan diterapkan ke WhatsApp pada komputer dan sebaliknya.

Menyambungkan telepon Anda dengan WhatsApp Desktop

  1. Buka WhatsApp di komputer Anda atau kunjungi web.whatsapp.com di komputer Anda.
  2. Ketika dimintai kode QR, gunakan pemindai QR dari dalam WhatsApp untuk memindai kode QR.
  3. Untuk melakukannya, buka WhatsApp di telepon Anda.
    WA Web Komputer
    Klik titik tiga kanan atas
  4. Di Android: di layar Chat > Menu > WhatsApp Web.
    Klik Whatsapp Web
  5. Di iPhone: buka Pengaturan > WhatsApp Web.
  6. Di Windows Phone: buka Menu > WhatsApp Web.
  7. Pindai kode QR pada layar komputer Anda dengan telepon Anda.

Untuk keluar dari WhatsApp Desktop

  1. Buka WhatsApp di telepon Anda > lalu buka Setelan atau Menu.
  2. Ketuk pada WhatsApp Web.
  3. Ketuk Keluar dari semua komputer.
Jika Anda yakin bahwa seseorang telah memindai kode QR dan memiliki akses ke akun Anda via WhatsApp Web, gunakan instruksi di atas untuk keluar dari semua sesi web aktif di WhatsApp pada telepon seluler Anda.

Mengonfigurasi pemberitahuan Anda

Untuk mengonfigurasi pengaturan pemberitahuan Anda, buka WhatsApp untuk web atau desktop > Menu > Pengaturan > Pemberitahuan. Di sini Anda dapat:
  • Menyalakan atau mematikan suara, peringatan desktop, dan pratinjau pesan.
  • Mematikan semua peringatan chat dan suara untuk periode waktu tertentu. Untuk menyalakan pemberitahuan kembali, klik pada  pemberitahuan dimatikan di bagian atas layar chat.
Anda juga dapat membisukan chat individual. Klik pada chat > Menu > Bisukan > dan pilih periode waktu yang diinginkan. Untuk menyalakan pemberitahuan kembali, temukan chat yang dibisukan kemudian klik Menu > Batalkan bisu.
Catatan: Jika Anda membisukan percakapan grup atau individual pada telepon Anda, percakapan ini juga akan dibisukan pada WhatsApp Web/Desktop. Pengaturan pemberitahuan lainnya pada telepon dan komputer Anda bersifat mandiri dan tidak mempengaruhi satu sama lainnya.

Cara membuka blokir pemberitahuan Google Chrome

  1. Di Chrome, klik  Lainnya > Setelan > Tampilkan setelan lanjutan… > Privasi > Setelan konten… > Notifikasi.
  2. Pastikan opsi Tanyakan saat situs ingin menampilkan pemberitahuan telah dipilih.
  3. Jika https://web.whatsapp.com berada di dalam daftar Blokir, klik  Lainnya > Izinkan.

Cara membuka blokir pemberitahuan Mozilla Firefox

Anda dapat membuka blokir pemberitahuan dengan melakukan salah satu langkah berikut:
  1. Di Firefox, klik Menu > Preferences > Content.
  2. Pada Notifications, klik Choose.
  3. Jika https://web.whatsapp.com diatur ke Block, sorot dan klik Remove Site > lalu Save Changes.
  4. Kembali ke WhatsApp Web dan segarkan halaman Anda. Kini Anda seharusnya melihat spanduk biru pada bagian atas layar chat.
  5. Ikuti instruksi pada layar dan klik Yes.

Masalah konektivitas telepon

Sesi Anda pada WhatsApp Web adalah ekstensi dari akun WhatsApp pada telepon Anda. WhatsApp Web terhubung ke telepon Anda untuk mensinkronisasikan pesan, sehingga Anda dapat melihat pesan tersebut baik di web maupun di telepon. Persyaratan pertama untuk dapat menggunakan WhatsApp Web adalah sebuah akun WhatsApp aktif di telepon Anda.
Jika telepon Anda tidak dapat terhubung ke WhatsApp untuk menerima atau mengirim pesan, maka Anda juga tidak akan dapat menggunakan WhatsApp Web. Buka WhatsApp pada telepon Anda dan cobalah untuk mengirim pesan. Jika tidak bisa, ikuti langkah-langkah penyelesaian masalah koneksi untuk perangkat Anda: Android | iPhone | Windows Phone
Saat Anda sudah dapat mengirim pesan dari telepon Anda, cobalah gunakan WhatsApp Web kembali. Jika Anda masih mengalami kesulitan mengirim atau menerima pesan pada WhatsApp Web, kemungkinan ada masalah koneksi pada komputer Anda.
Catatan: Untuk mengurangi biaya tagihan data pada telepon Anda, kami merekomendasikan Anda untuk menghubungkan telepon Anda ke jaringan Wi-Fi saat menggunakan WhatsApp Web.

Masalah konektivitas komputer

Sama halnya dengan menggunakan WhatsApp pada telepon, Anda juga harus memiliki koneksi Internet yang kuat dan stabil pada komputer Anda agar dapat menggunakan WhatsApp Web. Jika Anda melihat bar kuning pada bagian atas daftar chat dengan pesan kesalahan ini “Komputer Tidak Terhubung“, periksa dan pastikan bahwa sambungan Internet di komputer Anda aktif. Jika koneksi Internet komputer Anda bekerja dengan normal dan Anda tetap tidak dapat mengirim dan menerima pesan di WhatsApp Web, cobalah untuk memuat ulang halaman tersebut.
Jika masalah tetap terjadi, silakan coba untuk keluar (log out) dan masuk (log in) kembali untuk mengaktifkan sesi web Anda:
  1. Tekan  ikon Menu.
  2. Pilih Keluar.
  3. Ikuti instruksi pada layar untuk masuk kembali dan mengaktifkan sesi.
Penting: Anda harus menggunakan versi terbaru browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge untuk dapat menggunakan WhatsApp Web. Browser lainnya, seperti Internet Explorer tidak didukung.
Masalah pada koneksi Wi-Fi tertentu
Jika Anda menggunakan WhatsApp Web pada jaringan Wi-Fi yang dikelola, seperti misalnya di kantor maupun di kampus, jaringan Anda kemungkinan diatur untuk memblokir atau membatasi koneksi ke WhatsApp Web. Jika WhatsApp Web memberitahu Anda bahwa Anda berada di jaringan yang menghalangi WhatsApp Web untuk bekerja dengan normal, mohon tanyakan pada admin jaringan tersebut untuk memberikan akses traffic ke web.whatsapp.com*web.whatsapp,com, dan *.whatsapp.net.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter